Fakta dan Opini dalam Teks Iklan
Daftar Isi [Tampilkan]
Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar memiliki atau memenuhi permintaan di dalam iklan. Bahasa yang digunakan dalam iklan mengandung kata dan opini.
Fakta adalah peristiwa atau kejadian yang kenyataannya tidak diragukan. Fakta dalam iklan mencakup identitas produk yang ditawarkan, komposisi, kegunaan, dan sarana penggunaan secara lengkap.
Selain mengandung fakta produk, iklan juga mengandung opini. Opini merupakan kalimat yang digunakan untuk menarik minat pembeli. Pemasang iklan tidak boleh memberikan opini dengan melebih-lebihkan produk. Opini harus didukung dengan fakta-fakta yang ada dalam produk. Ciri-ciri opini adalah disajikan dengan bahasa yang persuasif. Berdasarkan jenisnya, iklan dibedakan sebagai berikut.
Hal yang perlu diingat saat membuat iklan baris di media massa adalah penghematan kata. Hal ini disebabkan adanya penghitungan biaya iklan yang didasarkan pada panjang baris atau jumlah kata-kata dan penyingkatan harus tetap memperhatikan kejelasan isi atau pesan yang ingin disampaikan. Jangan sampai penghematan kata dan penyingkatan justru menjadikan masyarakat tidak memahami maksud dari iklan tersebut.
Fakta adalah peristiwa atau kejadian yang kenyataannya tidak diragukan. Fakta dalam iklan mencakup identitas produk yang ditawarkan, komposisi, kegunaan, dan sarana penggunaan secara lengkap.
Selain mengandung fakta produk, iklan juga mengandung opini. Opini merupakan kalimat yang digunakan untuk menarik minat pembeli. Pemasang iklan tidak boleh memberikan opini dengan melebih-lebihkan produk. Opini harus didukung dengan fakta-fakta yang ada dalam produk. Ciri-ciri opini adalah disajikan dengan bahasa yang persuasif. Berdasarkan jenisnya, iklan dibedakan sebagai berikut.
- Iklan layanan masyarakat, misalnya imbauan menjaga kelestarian lingkungan
- Iklan niaga, misalnya penawaran produk obat
- Iklan keluarga, misalnya iklan dukacita
Hal yang perlu diingat saat membuat iklan baris di media massa adalah penghematan kata. Hal ini disebabkan adanya penghitungan biaya iklan yang didasarkan pada panjang baris atau jumlah kata-kata dan penyingkatan harus tetap memperhatikan kejelasan isi atau pesan yang ingin disampaikan. Jangan sampai penghematan kata dan penyingkatan justru menjadikan masyarakat tidak memahami maksud dari iklan tersebut.
Post a Comment for "Fakta dan Opini dalam Teks Iklan"