Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menganjurkan usaha memperdalam penghayatan ajaran Islam dengan riyadhah dan mujahadah

Daftar Isi [Tampilkan]

 Menganjurkan usaha memperdalam penghayatan ajaran Islam dengan riyadhah dan mujahadah, salah satu ciri perilaku warga NU di bidang

a. Akidah

b. Syariat

c. Akidah dan syariat

d. Tasawuf

e. Muamalah

Jawaban D

Kita warga NU hanya menerima ajaran-ajaran tasawuf yang tidak meninggalkan aqidah dan syari'at seperti yang terdapat dalam tasawuf Imam al-Ghazali dan Imam Junaid al-Baghdadi. Perilaku yang dilakukan warga NU di bidang akhlak atau tasawuf, adalah sebagai berikut: 1-4

Mempercayai bahwa antara syari'at, akidah, dan tasawuf mempunyai kaitan. Syari'at harus didahulukan daripada tasawuf. Tasawuf tidaklah identik dengan kejumudan. Sebaliknya tasawuf mampu memberikan motivasi untuk selalu dinamis mencari kebahagiaan, baik secara fisik maupun metafisik. Inti ajaran tasawuf adalah penyucian hati dan pembentukan sikap mental seideal mungkin dalam menghambakan diri kepada Allah Swt. 

Menganjurkan usaha memperdalam penghayatan ajaran Islam dengan riyadhah dan mujahadah menurut cara-cara yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip hukum dan ajaran Islam. 

Mencegah ekstrimisme yang dapat menjerumuskan Orang kepada penyelewengan akidah dan syari'at. 

Berpedoman kepada akhlakul karimah dan selalu memberikan jalan tengah diantara dua kelompok yang berbeda, atau tawasuth.

Post a Comment for "Menganjurkan usaha memperdalam penghayatan ajaran Islam dengan riyadhah dan mujahadah"