Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dalil Al quran tentang dibolehkannya bertawasul dengan orang yang sudah meninggal adalah

Daftar Isi [Tampilkan]

 Dalam Al-Qur’an, tidak ada ayat yang secara eksplisit menyebutkan tentang tawasul dengan orang yang sudah meninggal. Namun, beberapa ulama menggunakan ayat-ayat tertentu untuk mendukung praktik tawasul ini. Salah satu ayat yang sering dikutip adalah:

Surah Al-Maidah ayat 35

:يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah di jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan"1.

Ayat ini digunakan untuk mendukung konsep tawasul, yaitu mencari perantara atau wasilah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Beberapa ulama juga merujuk pada hadits dan praktik sahabat Nabi untuk mendukung tawasul dengan orang yang sudah meninggal


Source: 

(1) Dalil-dalil Tawasul dengan Orang Shalih yang Masih Hidup - NU Online. https://islam.nu.or.id/ubudiyah/dalil-dalil-tawasul-dengan-orang-shalih-yang-masih-hidup-uwpSx.

(2) Bertawassul dengan Orang yang Sudah Mati - NU Online. https://islam.nu.or.id/ubudiyah/bertawassul-dengan-orang-yang-sudah-mati-XzncV.

(3) Tawassul Dengan Orang Yang Meninggal, Bolehkah? | Islam Kaffah. https://bing.com/search?q=dalil+Al+Quran+tentang+tawasul+dengan+orang+yang+sudah+meninggal.

(4) Dalil-dalil tentang Keutamaan Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal. https://kalam.sindonews.com/read/1403511/70/dalil-dalil-tentang-keutamaan-mendoakan-orang-yang-sudah-meninggal-1719371198.

(5) Pengertian Tawasul adalah, Dalil, Hukum, Praktek dan Tata Cara Tawasul. https://www.qoroa.id/2023/04/pengertian-tawasul-adalah-dalil-hukum-praktek-dan-tata-cara.html.

(6) Tawassul Dengan Orang Yang Meninggal, Bolehkah? | Islam Kaffah. https://islamkaffah.id/tawasul-dengan-orang-yang-meninggal-bolehkah/.

Post a Comment for "Dalil Al quran tentang dibolehkannya bertawasul dengan orang yang sudah meninggal adalah"