Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Naiknya Nabi Saw dari Masjidil Aqsha ke langit tingkat tujuh hingga ke sidratul muntaha disebut

Daftar Isi [Tampilkan]

 Naiknya Nabi Saw dari Masjidil Aqsha ke langit tingkat tujuh hingga ke sidratul muntaha disebut

Jawaban:

Isra Miraj adalah peristiwa luar biasa yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW pada malam mulia 27 Rajab. Dalam perjalanan ini, beliau menembus tujuh lapis langit hingga mencapai Sidratul Muntaha, tempat tertinggi yang menjadi titik akhir perjalanan. Berikut beberapa poin penting mengenai Isra Miraj:

  1. Isra: Perjalanan dimulai dari Masjidil Haram di Mekkah menuju Masjid Al-Aqsa (Baitul Maqdis) di Palestina. Di sana, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan istimewa ini dengan mengendarai buraq, hewan tunggangan para Anbiya.
  2. Mi’raj: Setelah sampai di Masjid Al-Aqsa, Nabi Muhammad SAW naik lebih tinggi lagi menuju 'Arasy, tempat menghadap Allah Ta’ala. Inilah yang disebut sebagai Miraj.
  3. Sidratul Muntaha: Di tempat paling tinggi, yaitu Sidratul Muntaha, Rasulullah SAW bertemu dengan Rabb Yang Maha Agung. Di sinilah beliau menerima perintah sholat lima waktu sehari, yang awalnya berjumlah 50 kali, namun kemudian dikurangi menjadi lima kali.
  4. Pembersihan Dada: Sebelum perjalanan, Malaikat Jibril membelah dada Nabi Muhammad SAW untuk membersihkannya dari sifat-sifat buruk. Ini adalah momen penting sebelum Isra Miraj.

Semoga informasi ini bermanfaat! 

Source:

(1) Kisah Lengkap Isra Miraj: Perjalanan Rasulullah SAW Menuju Sidratul Muntaha. https://kalam.sindonews.com/read/1025627/70/kisah-lengkap-isra-miraj-perjalanan-rasulullah-saw-menuju-sidratul-muntaha-1676628170?showpage=all.

(2) Isra Miraj, Perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Langit ke-7 dan ... - detikcom. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6572162/isra-miraj-perjalanan-nabi-muhammad-saw-ke-langit-ke-7-dan-turunnya-perintah-salat.

(3) Sidratul Muntaha dalam Alquran, Tempat Nabi SAW Menerima Perintah .... https://www.inews.id/lifestyle/muslim/sidratul-muntaha-dalam-alquran.

(4) Pengertian Isra Miraj dan Kisah Perjalanan Nabi Muhammad ke Langit Ketujuh. https://www.suara.com/news/2021/03/10/171542/pengertian-isra-miraj-dan-kisah-perjalanan-nabi-muhammad-ke-langit-ketujuh

Post a Comment for "Naiknya Nabi Saw dari Masjidil Aqsha ke langit tingkat tujuh hingga ke sidratul muntaha disebut"