Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab terjadinya firqah dalam Islam adalah

Daftar Isi [Tampilkan]

 Penyebab terjadinya firqah dalam Islam adalah

Terdapat beberapa penyebab terjadinya firqah dalam Islam yang perlu dihindari. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Tidak Paham Tentang Iman: Keutamaan iman dalam Islam adalah menjalankan ibadah karena Allah dengan mengacu pada Al Qur’an dan hadis, serta berlaku baik kepada sesamaFirqah muncul karena lemahnya pemahaman tentang Islam, sehingga mereka tidak memiliki rasa kebaikan pada sesama dan hanya mengikuti hawa nafsu belaka.
  2. Berpaling dari Al Qur’an dan Rasul: Orang yang termasuk dalam firqah berpaling dari dasar-dasar Islam dan menghindari orang yang berbeda pandangan dengannya. Ini termasuk dosa besar dalam Islam.
  3. Salah Paham Tentang Makna Taat: Firqah juga tidak memahami apa itu taat dan bagaimana melaksanakannya. Mereka mengikuti pendapat pribadi tanpa mengacu pada aturan agama, sehingga amal-amal mereka rusak.
  4. Tidak Mengikuti Syariat Islam: Syariat Islam adalah jalan yang paling terangFirqah yang menjauh dari tindakan ini harus bersyukur karena masih mendapat petunjuk dari Allah, berbeda dengan yang sesat dan berpotensi masuk neraka.

Source: 
(1) 15 Penyebab Timbulnya Firqah dalam Islam yang Wajib Dihindari. https://dalamislam.com/akhlaq/larangan/penyebab-timbulnya-firqah-dalam-islam.
(2) Pengertian dan Penyebab Munculnya Firqah-Firqah dalam Islam. https://www.qoroa.id/2022/08/pengertian-dan-penyebab-munculnya-firqah-dalam-islam.html.
(3) Arti Firqah Secara Bahasa, Penyebab Muncul, dan Jenisnya - detikcom. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5725218/arti-firqah-secara-bahasa-penyebab-muncul-dan-jenisnya.
(4) 17 Faktor Penyebab Perbedaan Paham dalam Fiqih Islam. https://dalamislam.com/landasan-agama/fiqih/faktor-penyebab-perbedaan-paham-dalam-fiqih-islam.

Post a Comment for "Penyebab terjadinya firqah dalam Islam adalah"