Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setelah shalat tarawih disunahkan membaca

Daftar Isi [Tampilkan]

 Setelah shalat tarawih, ada beberapa amalan yang disunahkan untuk dibaca. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas: Membaca ketiga surat ini setelah shalat tarawih termasuk amalan yang dianjurkan. Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas adalah surat-surat pendek yang memiliki keutamaan tersendiri.

2. Membaca Doa Setelah Shalat Tarawih: Setelah selesai shalat tarawih, kita dapat membaca doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad ﷺ. Salah satu doa yang bisa dibaca adalah:

“Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa’fu 'anni” (Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, dan Engkau menyukai pengampunan, maka ampunilah aku.”)

3. Mengingat Allah (Dzikir): Setelah shalat tarawih, kita juga bisa berdzikir dan mengingat Allah dengan membaca tasbih, tahmid, dan takbir.

Namun, perlu diingat bahwa niat puasa sebenarnya harus ada di dalam hati. Meskipun ada kebiasaan mengeraskan niat secara berjama’ah setelah shalat tarawih, sebaiknya kita tetap memperkuat niat di dalam hati kita.

Source:

(1) Mengeraskan Niat Puasa Setelah Tarawih - Rumaysho.Com. https://rumaysho.com/8114-mengeraskan-niat-puasa-setelah-tarawih.html.

(2) Hukum Mengeraskan Bacaan Niat Puasa setelah Tarawih. https://bincangsyariah.com/hukum-islam/ubudiyah/hukum-mengeraskan-bacaan-niat-puasa-setelah-tarawih/.

(3) Niat Puasa Ramadhan: Tata Cara, Bacaan, dan Artinya - NU Online. https://islam.nu.or.id/ramadhan/niat-puasa-ramadhan-tata-cara-bacaan-dan-artinya-DAX6h.

(4) Niat Puasa Ramadhan dan Artinya yang dibaca Setelah Sholat Tarawih. https://kumparan.com/berita-update/niat-puasa-ramadhan-dan-artinya-yang-dibaca-setelah-sholat-tarawih-1veEfIIqQ8E.

Post a Comment for "Setelah shalat tarawih disunahkan membaca"