Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa pandangan berbagai mazhab tentang taqlid?

Daftar Isi [Tampilkan]

 Apa pandangan berbagai mazhab tentang taqlid?

Jawaban

Pandangan berbagai mazhab tentang taqlid memiliki nuansa yang berbeda, tetapi secara umum, taqlid merujuk pada menerima pendapat orang lain yang memiliki spesialisasi dan berpegang pada apapun pendapatnya tanpa mempertanyakan dalil yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa pandangan dari mazhab-mazhab tertentu:

  1. Madzhab Hanafi (Imam Abu Hanifah): Imam Abu Hanifah mengatakan bahwa jika ada hadits yang shahih, maka itulah madzhab mereka.
  2. Madzhab Maliki (Imam Malik): Imam Malik, yang hidup lebih awal daripada Imam Bukhari, melihat langsung cara shalat puluhan ribu anak-anak sahabat Nabi di Madinah. Anak-anak sahabat ini belajar langsung dari sahabat Nabi, yang menjadi bapak mereka. Oleh karena itu, Imam Malik berpegang pada pendapatnya yang didasarkan pada pengalaman langsung dengan para sahabat.
  3. Madzhab Syafi’i (Imam Syafii): Imam Syafii juga mengikuti mazhabnya sendiri dan berpegang pada pendapatnya. Meskipun Imam Bukhari dan Imam Muslim termasuk pakar hadits yang paling terpercaya, mereka tetap bermazhab dan mengikuti mazhab Imam Syafi’i.
  4. Madzhab Hanbali (Imam Ahmad): Imam Ahmad bin Hanbal juga memiliki pandangan yang konsisten dengan mazhabnya sendiri. Dia mengikuti pendapatnya berdasarkan pengetahuan dan pemahamannya.

Jadi, meskipun ada perbedaan pendapat di antara para ulama, taqlid tetap menjadi bagian penting dalam memahami hukum Islam, terutama bagi orang awam yang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang ilmu agama 3. Semoga informasi ini bermanfaat! 😊


Source: 

(1) Pendapat Imam Mazhab tentang Taqlid – Eramuslim. https://www.eramuslim.com/manhaj-dakwah/deskripsi-ikhwan/pendapat-imam-mazhab-tentang-taqlid/.

(2) Bagaimana Penjelasan Tentang Taqlid Dalam Bermazhab?. https://annajah.org/artikel/bagaimana-penjelasan-tentang-taqlid-dalam-bermazhab/.

(3) Hukum Taqlid dalam Islam - Konsultasi Agama Islam. https://www.alkhoirot.net/2012/08/hukum-taqlid.html.

(4) Taqlid dan Talfiq Dalam Konsepsi Hukum Islam | Khasanah | Mizan .... https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/mizan/article/view/489.

(5) TALFIQ DALAM PELAKSANAAN IBADAH DALAM PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB - Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/268482-talfiq-dalam-pelaksanaan-ibadah-dalam-pe-19dbd132.pdf.

Post a Comment for "Apa pandangan berbagai mazhab tentang taqlid?"